Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel

Rangkaian seri dengan rangkaian  paralel  mempunyai  perbedaan  yang  sangat  seknifikan  oleh  karena  itu  ada komponen listrik yang tersusun secara seri dan ada juga yang tersusun secara paralel tergantung pada tujuan penggunaan rangkai tersebut pada kehidupan sehari-hari. Yang harus kita perhatikan pada saat melakukan pengukuran arus posisi alat ukur dengan komponen tersusun secara seri sedangkan pada saat pengukuran tegangan alat ukur tersusun secara paralel dengan beban.

Jika kita menggunakan rangkaian seri maka kita akan mendapat nilai arus yang sama pada setiap komponennya yang kita ukur hal itu sesuai dengan prinsip rangkaian seri bahwa arus pada setiap komponen itu sama sedangkan tegangannya berbeda. Maka dari itu ada istilah rangkaian seri sebagai pembagi tegangan. Gambar rangkaian seri itu sendiri dapat kita lihat seperti gambar dibawah ini :rgkaian seri

Jika anda menggunakan rangkaian paralel maka anda akan memndapatkan nilai tegangan yang sama pada setiap komponen yang diukur. Akan tetapi nilai arusnya berbeda karena itu ada istilah rangkaian paralel sebgai pembagi arus. Hal itu yang menjadi prebedaan mendasar antara rangkaian seri dengan paralel. Seperti yang terdapat pada gambar dibawah  ini :

Capture paralell

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: