Kuat Arus Listrik

Arus listrik adalah gerakan  atau aliran muatan  listrik. Pergerakan  muatan  ini terjadi pada konduktor. Adapun pembawa muatan pada setiap jenis konduktor:

  • Logam , pembawa muatannya adalah electron-electron.
  • Gas, pembawa muatannya adalah ion positif dan electron.
  • Larutan, pembawa muatannya adalah ion positif dan ion negative.

Dalam hal timbulnya arus listrik dapat kita bayangkan bahwa arus listrik ibarat aliran air  yang  melalui  sebuah  pipa.  Aliran  air  ini  bisa  mengalir  karena  adanya  pompa  yang memberikan  energi  atau tekanan  terhadap  air. Dengan  pengertian  yang  sama,  muatan  listrik dapat  mengalir  dalam  suatu rangkain  karena  ada sumber  energi  (baterai,  aki, dl). Akibatnya muatan listrik akan dikenai suatu gaya, yaitu gaya  gerak listrik (ggl) sehingga timbullah arus listrik. Ggl ini disebut juga sumber tegangan  yang menimbulkan beda potensial  sehingga arus listrik mengalir dalam suatu rangkaian listrik.Arus listrik dapat terjadi karena muatan positif yang bergerak ataupun muatan negative yang bergerak. Arah arus listrik adalah  arah aliran muatan positif.

Tips perihal arus listrik :

  • Arus listrik adalah aliran muatan listrik
  • Arah   arus   listrik   (arus   konvensional)   sesuai   dengan   arah   aliran   muatan positif,atau berlawanan arah dengan arah aliran muatan negative.
  • Arus   listrik   mengalir   dari   titik   yang   berpotensial   tinggi   ke   titik   yang berpotensial rendah dalam rangkaian tertutup.

Capture iGambar  muatan listrik q melalui penampang penghantar A tiap satuan waktu

Dalam  suatu  selang  waktu  ( t),  muatan  yang  melewati  penampang, seperrti yang terlihat pada gambar   adalah    q sehingga kuat arus listrik (I) yang mengalir dapat dinyatakan sebagai :

Capture i2

Dengan   q adalah banyaknya muatan yang mengalir untuk selang waktu   t yang sangat kecil. Untuk arus searah, jumlah muatan yang mengalir melalui penampang kawat/ konduktor adalah konstan sehingga dapat dituliskan :

Capturei3

Satuan arus listrik dalam SI adalah coloum per sekon (C/s). yang lebih dikenal Ampere (A).  besaran  kuat  arus  I  termasuk  besaran  pokok sedangkan  muatan  q  dan  waktu  t adalah besaran turunan. Bila luas penampang  yang dilewati arus sebesar A, maka rapat arus (J) dapat ditulis menjadi :

Capturei4

Rapat  arus  (J)didefinisikan  sebagai  besarnya  kuat  arus  per  satuan  luas  penampang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: